TUGAS PERTEMUAN 4 ETIKA PROFESI TIK

TUGAS PERTEMUAN 4

NAMA LENGKAP : JOSE JOHANNES FEBRY
NIM                         : 12173177
KELAS                     : 12.6C.01

A.       STUDI KASUS
·         MOTIF KEJAHATAN DI INTERNET (UMUM) :
1.     Motif intelektual yaitu kejahatan yang dilakukan hanya untuk kepuasan pribadi dan menunjukkan bahwa dirinya telah mampu untuk merekayasa dan mengimplementasikan bidang teknologi informasi. Kejahatan dengan motif ini pada umumnya dilakukan oleh secara individual.
2.     Motif ekonomi, politik, dan kriminal yaitu kejahatan yang dilakukan untuk keuntungan pribadi atau golongan tertentu yang berdampak pada kerugian secara ekonomi dan politik pada pihak lain. Karena memiliki tujuan yang dapat berdampak besar, kejahatan dengan motif ini pada umumnya dilakukan oleh sebuah korporasi.

·         CONTOH CYBERCRIME YANG SAAT INI SEDANG TREND/ VIRAL  :

DETAIL KASUS : PENYEBARAN BERITA HOAX/PALSU.
Jenis kasus ini tidak lebih dari sekedar untuk membuat gempar masyarakat dengan menyebarkan berita yang umumnya untuk mengecoh masyarakat dengan memutar balikkan fakta membuat masyarakat percaya dengan berita yang sudah diubah tersebut.

MOTIF :
Motif yang digunakan pelaku adalah mengubah detil yang dibuat oleh berita utama, dengan menambah atau mengurangi kata – kata sehingga mengubah arti dari berita tersebut. Berita yang asli diubah sedemikian rupa lalu dipublikasikan di media social secara umumnya, lalu disebar luaskan sehingga membuat berita yang asli kalah “pamor” dengan berita yang sudah diubah tersebut.

·         UPAYA PENANGGULANGAN KEJAHATAN IT YANG DAPAT KITA LAKUKAN :
Selama ini penyebaran berita hoax terbukti merugikan banyak pihak, bahkan kerugian materiil yang tidak sedikit sering kita jumpai dalam kasus berita hoax tersebut. Karena itulah, kejahatan semacam ini perlu dicegah. Adapun beberapa metode yang bisa dilakukan untuk mencegah penyebaran berita hoax adalah:


1.       Mengecek Kembali Halaman Website Pembuat Berita Tersebut.
Dengan mem-verifikasi keaslian berita tersebut dengan melakukan cek alamat website tersebut, apakah dari sumber yang terpercaya atau tidak. Dengan begitu kita dapat mengetahui si pembuat berita tersebut terpercaya atau tidak.
2.       Periksa Fakta Dari Berita Tersebut.
Periksa fakta dari berita tersebut, dengan cara mencari dari beberapa sumber  berita yang berjudul sama, periksa sumber dari pembuat berita tersebut. Dengan begitu kita dapat mengetahui keaslian dari berita tersebut.
B.       LATIHAN TUGAS PILIHAN GANDA DARI SLIDE UBSI PERTEMUAN 4
TULISKAN JAWABAN A/ B / C / D / E DENGAN HURUF BESAR (KAPITAL)
1.       C
2.       B
3.       C
4.       A
5.       B

0 comments

Powered by Blogger.